Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadikan program studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Serambi Mekkah sebagai suatu lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan tenaga Kependidikan Kimia yang berkualitas unggul secara fisik, mental, emosional, sosial, intelektual dan moral serta dapat bersaing di tingkat nasional.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang relevan dengan kajian Pendidikan Kimia secara holistik dan seimbang.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian dalam bidang Pendidikan Kimia yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan standar guru mata pelajaran Pendidikan Kimia sebagai sumber daya manusia yang lebih handal dan berkualitas.
  3. Melaksanakan kemitraan dengan pihak pemerintah, pengguna dan stakeholder untuk meningkatkan daya serap lulusan dan mampu melaksanakan manajerial di lingkungan sekolah dan institusi pendidikan lainnya serta mampu mendorong peningkatan mutu pendidikan masyarakat Aceh di forum nasional.
  4. Melaksanakan keteladanan melalui penerapan manajemen akademik yang partisipatif, subtantif, dan transparansif dengan melibatkan seluruh civitas akademika Pendidikan Kimia sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam manajerial kependidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  5. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah dalam upaya mendorong pengembangan budaya akademik, sikap, dan kepribadian calon tenaga kependidikan.

Tujuan

Sesuai dengan misi tersebut maka yang menjadi tujuan Program Studi Pendidikan Kimia FKIPĀ USM adalah :

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tekun, kreatif, inovatif dan agamis serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional.
  2. Mengembangkan kemampuan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengembagan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya
  3. Meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, pengguna dan stakeholder untuk meningkatkan daya serap lulusan dan mampu melaksanakan manajerial di masyarakat serta mempunyai kontribusi secara lebih luas bagi lingkungannya.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki keteladanan melalui penerapan manajemen akademik yang partisipatif dan transparansif dengan melibatkan seluruh sivitas akademika sesuai dengan nilai dan norma-norma yang berlaku.
  5. Menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan ilmiah dengan melibatkan para dosen dan mahasiswa melalui berbagai media sebagai sarana transformasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kepada masyarakat untuk dimanfaatkan dalam peningkatan kesejahteraan umat.