Visi dan Misi

Visi
Pada tahun 2025 program studi pendidikan kimia menjadi lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik profesional, unggul, inovatif dan mampu bersaing ditingkat nasional “

Misi
Misi program studi pendidikan kimia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas serambi mekkah adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik jenjang sarjana bidang pendidikan kimia yang terkemuka di tingkat nasional untuk mendukung kemajuan pendidikan kimia yang inovatif, mandiri.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan kimia yang inovatif dan mandiri guna menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan teori pendidikan kimia untuk memecahkan masalah, meningkatkan kompetensi pendidikan dan peserta didik di bidang pendidikan kimia.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong peningkatan kompetensi dan penguasaan ilmu kimia bagi masyarakat
  4. Menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada tingkat nasional

Profil Lulusan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran kimia pada jenjang sekolah menengah;
  2. Memahami karakteristik peserta didik dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik;
  3. Melaksanakan pembelajaran kimia yang efektif-efisien pada jenjang sekolah menengah dan di bawahnya;
  4. Mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia dan menacari solusinya, dan
    Siap berkembang secara professional dalam konteks personal dan sosial-institusional.

Standar Kompetensi Lulusan Sarjana (S1) Pendidikan Kimia
Standar kompetensi lulusan sarjana pendidikan kimia dinyatakan sebagai capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, dan perubahannya baik pada energi maupun kinetiknya, pemisahan, identifikasi, dan karakterisasi bahan kimia;
  2. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi;
  3. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar penelitian lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan kimia;
  4. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi kimia melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah;
  5. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan kimia dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan;
  6. Mampu melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pekerjaan dalam bidang pendidikan kimia secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi; dan
  7. Mampu berpartisipasi dalam tim dan memiliki komitmen terhadap pengembangan potensi diri dalam rangka pembentukan karakter untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan
Meningkatkan peran dalam membantu pemerintahan dan masyarakat untuk menciptakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebik baik, sesuai dengan tujuan antara lain:

  1. Menyiapkan lulusan dengan pemahaman yang kuat terhadap prinsip dan metode pendidikan kimia
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, pengembangan metode praktikum, dan keahlian menyelesaikan masalah yang kreatif dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia
  3. Komunikasi yang efektif melalui presentasi secara verbel, menulis laporan, dan publikasi jurnal
  4. Membantu mengembangkan pandangan global, mendorong prilaku profesional, etika lulusan dan kepedulian sosial, kerjasama kelompok, silaturrahmi, dan mempunyai minat belajar yang tinggi